Informasi Lengkap Lokasi Wisata saat Liburan ke Kota Padang

Informasi Lengkap Lokasi Wisata saat Liburan ke Kota Padang

Informasi Lengkap Lokasi Wisata saat Liburan ke Kota Padang – Jika mendengar nama Padang, rendang, legenda spaceman slot Malin Kundang, dan cerita Siti Nurbaya pasti menjadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Padang memang tidak akan jauh dari kuliner ternamanya yakni rendang. Namun, Padang juga memiliki sejuta pesona wisata yang indah dan menakjubkan. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan, tersedia lengkap di Kota Padang.

Pantai Sako

Pantai Sako berada di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pantai ini mungkin tidak sepopuler wisata Padang lainnya. Namun, keindahan pantai Sako tak bisa diragukan lagi. Luas pantai Sako hanya 6000 meter persegi saja dengan topografi pantai yang landai, pasirnya yang sedikit coklat, serta ombaknya yang tenang.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan tempat wisata di Padang yang sangat ikonik. Jembatan ini membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru. Nama Siti Nurbaya diambil tidak lain karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya. Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

Pantai Padang

Rekomendasi pertama tempat wisata di Padang adalah Pantai Padang. Pantai Padang merupakan salah satu tempat wisata di Padang terfavorit. Terlebih setelah Pemerintah Kota Padang memoles destinasi ini dengan berbagai fasilitas. Saat cuaca cerah, Pantai Padang termasuk tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan bias merahnya yang mengagumkan.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Ketika air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat di sepanjang pantai. Pepohonan kelapa di pinggir pantai ini juga makin memberi nuansa tropis yang eksotis.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman sering disebut juga sebagai Taman Mininya Sumatera Barat. Wisata Padang ini berada di area seluas sekitar 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Di museum Adityawarman terdapat koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau maupun nasional. Dari berbagai macam koleksi yang ada di lokasi tersebut, salah satu yang paling ikonik yaitu Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang.

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat dikenal dengan arsitekturnya yang unik. Masjid ini tidak memiliki kubah, melainkan menggunakan arsitektur Rumah Gadang dengan empat sudut lancip khas budaya Minangkabau. Bangunan dari Masjid Raya Sumatera Barat ini berbentuk lonjong dengan luas mencapai 18.000 m2.

Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam secara administratif berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah. Ketinggian masing-masing air terjun dimulai sekitar 2 meter, 10 meter, dan 20 meter.

Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang berada di Gunung Sarik, Kuranji, Padang. Lubuak Tampuruang terdiri dari air terjun kecil dari sungai yang mengalir tidak terlalu deras. Lubuak Tampuruang berasal dari kata Lubuak yang berarti kolam alami dan Tampuruang yang berarti batok kelapa. Nama ini diambil karena bentuk air terjun yang kecil serta sungainya yang hampir membentuk setengah lingkaran seperti batok kelapa

Air Terjun Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang merupakan tempat wisata di Padang berupa air terjun yang memiliki kolam di aliran sungainya. Lokasinya berada di daerah Sungai Bangek.

Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya atau juga dikenal sebagai Taman Gunung Padang merupakan taman yang berada di ketinggian bukit dengan pepohonan hijau dan rindang. Taman ini terletak di sebelah barat Kota Padang yang dihubungkan dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini bisa ditemukan tumpukan batu yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya.

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir di Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang. Daya tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang. Pulau ini termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai.

Pulau Sirandah

Pulau Sirandah adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah. Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa jenis pohon tingkat tinggi seperti kelapa, semak dan bakau.

Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah merupakan tempat wisata di Padang yang populer. Dahulu, air terjun ini bernama Sarasah Banyak Gariang karena banyak sekali ditemukan Ikan gariang. Air terjun ini memiliki 2 tingkat. Di tingkat pertama, air meluncur di bebatuan yang tersusun rapi seperti piramida serta memiliki tinggi sekitar 15 meter, lalu, di tingkat kedua, air meluncur dari alur sungai yang menyempit. Tingginya sekitar 25 meter.

You May Also Like

More From Author