Apa Itu Server Proxy Whatsapp dan Cara Setting di Android & iOS

Bptpnews.id – Para pengguna WA sekarang ini tengah digegerkan dengan banyaknya berita mengenai Server Proxy Whatsapp, tentu masih banyak para pengguna yang belum mengetahui tentang hal tersebut. Karena memang proxy tersebut baru muncul beberapa waktu yang lalu di pemberitaan online, bahkan media online nasionalpun turut memberitakan akah hal tersebut.

Tentu saja membuat banyak pengguna yang penasaran dengan server proxy whatsapp ini, dan tak sedikit yang mencari tahunya. Maka dari itu disini kami juga mencoba akan memberikan informasi kepada para pembaca tentang proxy wa ini, mulai dari penjelasannya hingga cara setting di hp android dan iOS.

Seperti kita tahu jika whatsapp merupakan sebuah aplikasi chatting yang cukup populer dan hampir semua pengguna smartphone sudah terinstall aplikasi tersebut di hpnya, karena memang dengan menggunakan WA kita bisa melakukan komunikasi sangat mudah dengan sesama pengguna. Makanya tak heran jika penggunannya pun cukup banyak diseluruh penjuru dunia.

Dengan pengguna yang banyak tersebut tentu saja membuat setiap pemberitaan mengenai WA ini akan cepat booming, termasuk juga pemberitaan Apa Itu Server Proxy Whatsapp dan Cara Setting di Android. Banyak para pengguna whatsapp juga yang ingin tahu apa sih sebetulnya fungsi dari proxy tersebut.

Nah semuanya akan kami ulas di artikel ini, jadi buat kalian yang memang penasaran dengan Apa Itu Server Proxy Whatsapp? dan untuk apa fungsinya? maka kalian wajib ikuti terus ulasan kami ini hingga selesai.

Apa Itu Server Proxy Whatsapp?

Apa Itu Server Proxy Whatsapp

Masih banyak sekali para pengguna yang belum tahu dengan proxy whatsapp ini, sehingga perlu kiranya kami jelaskan secara mendetail agar kalian semua memahaminya sebelum menggunakan ataupun melakukan settingan di hp android.

Proxy WhatsApp merupakan sebuah fitur terbaru yang ada di whatsapp yang memungkinkan penggunannya bisa terhubung ke aplikasi whatsapp melalui server yang sudah disiapkan oleh sukarelawan ataupun organisasi.

Dan salah satu fungsi server proxy wa itu sendiri membantu pengguna agar dapat berkomunikasi ketika internet mengalami gangguan maupun terblokir, pihak whatsapp pun mengatakan bahwa pihaknya menyadari di awal tahun baru ini banyak sekali banyak pengguna yang terus ditolak saat menghubungi orang yang meraka sayangi akibat pentupan internet.

Dengan adanya dukungan server proxy wa ini maka mereka bisa tetap berkomunikasi secara bebas pada saat koneksi ataupun jaringan internet sedang terganggu maupun diblokir. Pada saat terjadi permblokiran pada wa maka relawan ataupun organisasi bisa membuat proxy tersebut agar pengguna tetap bisa berkomunikasi dengan bebas dan juga aman.

Bahkan para pengguna pun bisa langsung terhubung ke WA secara langsung via aplikasi dengan menggunakan server proxy whatsapp ini.

sumber : (https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/08/203000765/apa-itu-proxy-whatsapp–fungsi-dan-cara-setting-di-android-dan-ios?page=all).

Cara Setting Server Proxy Whatsapp

Cara Setting Server Proxy Whatsapp

Setelah kalian mengetahui apa itu server proxy wa, maka kami juga sudah menyiapkan ulasan terkait dengan cara settingnya baik itu di perangkat android maupun iOS.

Karena memang cara setting server proxy whatsapp itu berbeda-beda tergantung perangkat mana yang digunakannya, dan berhubung saat ini perangkat yang paling banyak dipergunakan oleh orang yakni android dan iOS maka kami telah menyiapkan tutorialnya khusus untuk kalian berikut ini.

Cara Setting Server Proxy Whatsapp di Android

Cara Setting Server Proxy Whatsapp di Android

Sekarang ini sebagian besar orang menggunakan perangkan android, karena selain harganya yang terjangkau juga hp android tentu dibekali dengan berbagai fitur canggih dan juga spek yang cukup tinggi sehingga dapat memanjakan para penggunannya dalma berbagai hal.

Tak terkecuali dalam akses internet, dengan fitur konektivitas yang ada didalam android tentunya memudahkan kita dalma mengakses internet dengan cepat. Termasuk juga dalam melakukan komunikasi lewat aplikasi chatting seperti whatsapp ini.

Dengan menggunakan hp android maka kita akan jauh lebih mudah dalam menoperasikannya, terlebih didukung dengan jaringan 4G yang memiliki kecepatan tinggi. Maka komunikasi akan semakin cepat, walaupun memang adakalanya koneksi dari aplikasi whatspap tersebut terganggu sehingga kita membutuhkan yang namanya server proxy wa.

Kalian bisa memanfaatkan untuk menggunakan proxy ini jika memang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi, nah berikut ini kami sudah menyiapkan cara setting server proxy whatsapp di android.

  • Pertama-tama pastikan jika kalian sudah menginstall aplikasi whatsapp yang versi paling baru saat ini
  • Selanjutnya kalian tinggal buka saja aplikasi tersebut
  • Nah pada halaman chat, kalian klik opsi lainnya lalu pilih setelan
  • Kemudian kalian klik menu penyimpanan & data lalu pilih Proxy
  • Setelah itu, kalian tinggal setting saja proxy dan masukan alamat proxy tersebut
  • Yang terakhir tinggal klik Save / simpan
  • Maka tanda centang akan keluar apabila koneksi berhasil tersambung
  • SelesaiĀ 

Bagaimana cukup mudah bukan setting proxy whatsapp di android, yang penting intinya kalian sudah memiliki akun whatsapp dan juga menginstall aplikasi wa tersebut versi terbaru karena untuk versi yang lama mungkin belum ada fitur proxy ini.

Cara Setting Server Proxy Whatsapp di iOS / iPhone

Cara Setting Server Proxy Whatsapp di iOS / iPhone

Buat para pengguna iOS ataupun iPhone juga jangan khawatir karena kami juga sudah menyiapkan cara setting server proxy whatsapp di iOS, biasanya untuk pengguna iPhone itu sendiri kalangan menengah atas.

Hal tersebut dikarenakan harga dari pada perangkat iPhone relatif tinggi, sehingga kurang menjangkau kalangan menengah bawah. Memang meskipun harganya cukup tinggi namun dalma hal spek hingga fitur tidak perlu diragukan lagi.

Terlebih lagi dari sekto kameranya, kualitas gambar maupun video yang dihasilkan dari jepretan iPhone sangatlah bagus dan jernih. Bahkan tak kalah bagus dari hasil jepretan perangkat kamera dslr sekalipun, makanya banyak para selebgram yang menggunakan perangkat iPhone ini.

Sama seperti pengguna android, pengguna iPhone juga tentunya menggunakan whatsapp untuk sarana komunikasi dengan pengguna lainnya. Nah disini kami sudah siapkan bagaimana sih cara setting server proxy whatsapp di iOS atau iPhone?, karena ini adalah alternatif jika jaringan internet terganggu ataupun diblokir. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah.

  • Langkah awal kalian upgrade aplikasi whatsapp ke versi yang terbaru
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut
  • Kemudian kalian masuk ke settingan whatsapp
  • Maka disitu akan terlihat menu Penyimpanan dan data
  • Kalian klik proxy lali klik juga gunakan proxy
  • Sekarang tinggal masukan saja alamat proxynya
  • Setelah itu klik simpan atau save
  • Selesai

Note : apabila penggunakan proxy tersebut berhasil maka akan ditandai dengan munculnya tanda centang

Fungsi Server Proxy Whatsapp

Setelah kalian berhasil melakukan settingan tersebut, maka selanjutnya harus tahu sebetulnya apa sih fungsi dari pada server proxy wa ini? maka kalian simak selengkapnya sebagai berikut.

  • Untuk melancarkan komunikasi dengan sesama pengguna
  • Untuk bisa komunikasi dengan pengguna saat internet gangguan ataupun diblokir
  • Dan yang lainnya

Apakah Aman Menggunakan Server Proxy Whatsapp?

Mungkin banyak juga diantara pembaca yang menanyakan aman gak sih jika menggunakan server proxy whatsapp ini, seperti yang kami kutip dari halaman kompas jika menggunakan proxy ini tetap aman dan terenkripsi.

Hal tersebut dikarenakan perubahan proxy ini tidak mengubah privasi dan juga keamanan yang disediakan oleh pihak wa kepada pengguna, mulai dari pesan maupun panggilan pribadi akan tetap dilindungi dengan enkripsi end-to-end.

Dengan demikian maka panggilan dan juga pesan hanya bisa diketahui oleh pengguna saja dan juga orang yang berkomunikasi dengannya saja, orang lain tidak dapat melihat pesan dan juga panggilan tersebut bahkan server proxy WA maupun Meta tidak bisa mengetahuinya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan pada ulasan kali ini mengenai server proxy whatsapp, adapun ulasan tersebut kami ambil dari sumber (https://www.kompas.com/) yang merupakan media nasional terpercaya. Terima kasih dan juga semoga bermanfaat.